TRIK RESTORANT FAST FOOD, BIAR KAMU BELI TERUS!TRIK RESTORANT FAST FOOD, BIAR KAMU BELI TERUS!

Saat ini, kafe dan restoran modern kian menjamur di kota-kota besar. Alhasil, persaingan bisnis kuliner juga semakin ketat. Namun di tengah keadaan seperti ini, gerai fast food seperti McDonald’s dan KFC justru bisa tetap merajai pasar, bahkan makin diminati.

Padahal, outletnya sangat banyak dan seringkali berdekatan, belum lagi beberapa konsumen cenderung hanya ikut “nongkrong” tanpa melakukan pembelian. Anehnya, mereka tetap bisa meraup omset gila-gilaan di tiap cabang. Kenapa ya? Hal ini tentunya gak lepas dari trik promosi yang dilakukan sedemikian rupa afar konsumen terpancing mengeluarkan banyak uang ketika berkunjung.

Kalau kamu pernah terjebak trik yang mana nih?

  • Decoy Effect

Beberapa gerai restoran biasnya menawarkan tiga pilihan porsi berbeda, dari small, medium dan large, dengan rentang harga antara medium dan large yang gak berbeda jauh

Trik ini dikenal dengan decoy effect, yang digunakan untuk membuat goyah kensumen ketika diberikan opsi ketiga yang tidak seimbang. Jadi, decoy effect ini merupakan salah satu permainan harga yang bertujuan untuk mengarahkan pembeli ke opsi produk yang harganya lebih mahal.

  • Angka 9 Pada Produk

Ketika melihat sebuah produk dengan harga Rp.14,999 kita mungkin beranggapan produk itu cukup murah karena harganya engga sampai Rp.15,000

Nah, trik marketing ini juga biasa disebut dengan charm price, yang memungkinkan dua harga sama namun bisa tampak sangat berbeda. Padahal, selisihnya sebenarnya hanya sedikit

  • Kupon Gratis yang Bikin Bayar Lebih Mahal

Trik kupon gratis ini bisa membuat orang yang awalnya ga berniat makan di suatu restoran, akhirnya berpikir untuk makan, sekalian menghabiskan kupon.

Padahal, jenis kupon ini biasanya dibuat hanya untuk satu tipe, missal makanan atau minuman saja. Jadi ketika dapat kupon khusus minum, kita tetap harus beli makanannya.

  • Promo Paket Combo

Kenapa sih restoran fast food menhadirkan paket combo? Bukannya keuntungan mereka bakal lebih sedikit dibandingkan harga normal?

Tujuannya sih, yang penting mendatangkan pelanggan sebanyak-banyaknya. Setelah mereka masuk, maka restoran akan melakukan trik lainnya agar mereka menghabiskan lebih banyak uang

  • Kekuatan Gambar Makanan

Kalau kamu perhatikan papan menu dikasir, menu dengan harga lebih mahal terlihat sangat menggiurkan disbanding gambar paket promo

Bahkan, ukuran gambarnyapun lebih besar dengan deskripsi menu yang lengkap, sedangkan paket hemat ditulis biasa aja. Alhasil, banyak yang jadi korban gambar dan melupakan paket promo.

  • “Ada tambahan lain?”

Setelah menyebutkan kembali pesanan kita, kasir biasanya bakal bertanya “Ada tambahan lain?”

Nyatanya, hal ini juga bagian dari taktik psikologi nih. Studi di Eastern Illinois University menyebutkan, seseorang akan lebih tertarik 85% atau susah menolak ketika ditawari secara langsung.

Bagikan sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page

Hubungi Kami