Keuntungan Melakukan Kemitraan

Ada beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan saat melakukan kemitraan dalam usaha. Ini dia penjelasan selengkapnya:

1. Sumber daya yang lebih besar

Salah satu manfaat yang bisa dirasakan ketika menjalin kemitraan adalah sumber daya yang lebih besar. Dengan melibatkan lebih banyak orang, akan ada lebih banyak ide pula yang bisa diterapkan pada usaha Anda. Beban kerja pun juga dapat dibagi menjadi dua bersama mitra Anda. Selain itu, pendanaan usaha juga tidak sepenuhnya Anda tanggung. Intinya, Anda akan lebih memiliki banyak orang untuk memikirkan perkembangan usaha tersebut.

2. Membawa beragam keterampilan

Karena bermitra adalah menggabungkan dua individu atau perusahaan, otomatis karyawan atau pekerja dari dua pihak tersebut akan ikut bersatu. Dengan demikian, sumber daya manusia akan semakin banyak dan semakin beragam pula keterampilan yang dapat diperoleh dari masing-masing pekerja. Hal ini akan membawa dampak baik bagi usaha yang sedang Anda jalankan. Tidak menutup kemungkinan, mereka akan melengkapi kekurangan-kekurangan yang selama ini ada dalam usaha Anda

3. Bantu mengurangi beban kerja

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kemitraan adalah menyetujui adanya kerja sama. Oleh karena itu, seluruh tanggung jawab dan beban kerja akan dikerjakan secara bersama-sama, baik itu dalam mengatasi kendala operasional, mengambil keputusan, maupun konsultasi terkait perkembangan bisnis. Semuanya dapat dibagi dan ditanggung secara bersama-sama. Kerja pun jadi lebih ringan!

4. Fleksibilitas cukup tinggi

Karena memuat sumber daya yang cukup banyak, kemitraan menjanjikan fleksibilitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan membangun semuanya sendirian. Artinya, Anda akan lebih mudah mendapatkan hasil yang diinginkan. Kehadiran mitra baru mengurangi beban kerja Anda, sehingga Anda bisa punya lebih banyak waktu dan tenaga untuk fokus pada pengembangan usaha.

5. Mengurangi beban pembayaran pajak

Keuntungan lain dari kemitraan adalah beban pembayaran pajak jadi berkurang. Umumnya, kemitraan usaha akan dikenakan pajak pass-through. Maksudnya, usaha Anda tidak dikenakan pajak penghasilan badan, tapi tiap pihak kemitraan akan membayar pajak sesuai pendapatan usaha. Nah, jumlah pajak yang dibayarkan ini disesuaikan dengan jumlah saham yang dimiliki setiap mitra usaha.

Cara Kerja Kemitraan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika akan membangun kemitraan adalah menentukan jenis kemitraan. Tentukan apakah Anda akan membagi seluruh beban kerja dan pemasukan secara rata atau apakah akan bermitra dengan silent partner.

Setelah menentukan jenis kemitraan yang akan dijalankan, pastikan apakah Anda akan membuat usaha baru atau melanjutkan yang sudah ada. Setelah itu, buatlah surat perjanjian yang memuat seluruh ketentuan kemitraan, seperti pembagian hasil, pembayaran pajak, dan sebagainya. Tahap terakhir, jalankan kemitraan sesuai surat perjanjian yang telah disepakati.

Setelah memahami tentang kemitraan, apakah kini Anda tertarik untuk bermitra demi memajukan usaha? Agar usaha jadi lebih berkembang setelah menjalankan kemitraan, pastikan Anda bergabung dengan kami di bisnis kuliner dkriuk fried chicken, daftarnya pun sangat mudah, Anda bahkan bisa melakukannya lewat smartphone. Yuk, kembangkan usaha bersama dkriuk!

Bagikan sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi Kami