7 KREASI OLAHAN BERBAHAN DASAR AYAM!

Daging ayam merupakan makanan paling populer di Indonesia bahkan dunia. Daging ayam bisa diolah menjadi kudapan yang nikmat dan menggugah selera. Tak heran kalau ayam menjadi salah satu sajian favorit banyak orang. Bertekstur lembut dan lunak membuatnya mudah diolah serta mampu memanjakan lidah.

Akan tetapi jika kamu bosan dengan masakan ayam yang begitu-begitu saja, kamu bisa mengkreasikan ayam jadi menu spesial lainnya. Tenang olahan ayam sederhana ini, cukup mudah dibuat sendiri di rumah.

Yuk, langsung simak rangkuman daftar kreasi olahan ayam yang popular di Indonesia di bawah ini yang enak, simpel dan bikin nagih, seperti Dkriuk himpun dari berbagai sumber,

1. Ayam Goreng/Fried Chicken

Ayam Goreng/Fried Chicken adalah hidangan yang dibuat dari daging ayam dicampur tepung bumbu yang digoreng dalam minyak goreng panas menjadi ciri khas fried chicken. Beberapa rumah makan siap saji secara khusus menghidangkan ayam goreng, misalnya Dkriuk Fried Chicken. Menu ayam goreng memang sudah banyak dikonsumsi warga Indonesia

Untuk membuat ayam goreng ini, yang digunakan adalah ayam broiler muda yang cocok dengan suhu panas. Ayam dengan usia lebih tua dan besar biasanya menghasilkan waktu masak yang lama karena teksturnya yang lebih keras. Untuk mengakalinya, akhirnya dipilih cara merebus ayam terlebih dulu baru kemudian digoreng.

2. Ayam Geprek

Ayam geprek adalah makanan ayam goreng tepung khas Indonesia yang diulek atau dilumatkan bersama sambal bajak. Kini ayam geprek telah menjadi hidangan populer yang dapat ditemukan di hampir semua kota besar di Indonesia, tetapi asal mula ayam geprek berasal dari kota Yogyakarta.

Geprek adalah istilah dalam bahasa Jawa yang berarti “dipukul”, “ditekan”, atau “dilumatkan”, maka ayam geprek berarti “ayam yang dipukul. Hidangan ini mirip dengan masakan Jawa tradisional ayam penyet, karena keduanya adalah sama-sama ayam goreng yang dipukul dan ditekan menggunakan ulekan dan dicampur dengan sambal.

Ayam geprek menjadi fenomena populer, seiring dengan banyaknya gerai yang menyajikan makanan ini di Indonesia pada tahun 2017. Asal mula ayam geprek bermula di kota Yogyakarta, hasil kreasi Ruminah atau dikenal sebagai Bu Rum. Pada tahun 2003, Bu Rum diminta oleh pelanggannya untuk menambahkan sambal ulek di atas ayam goreng tepungnya. Hidangan ayam goreng tepung yang dilumat bercampur sambal ini menjadi populer, kemudian banyak restoran lain yang meniru hidangan ini, dan menjadi kian populer di seluruh Indonesia.

Ayam geprek biasanya hanya disajikan dengan sambal dan nasi putih. Akan tetapi kini terdapat variasi baru yang menambahkan keju mozzarella dan kol goreng.

3. Sate Ayam

Sate atau satai adalah makanan yang terbuat dari daging yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk sedemikian rupa dengan tusukan lidi tulang daun kelapa atau bambu, kemudian dipanggang menggunakan bara arang kayu. Sate disajikan dengan berbagai macam bumbu yang bergantung pada variasi resep sate. Daging yang dijadikan sate antara lain daging ayam, kambing, domba, sapi.

Biasanya sate diberi saus, bisa berupa bumbu kecap, bumbu kacang, atau yang lainnya, biasanya disertai acar dari irisan bawang merah, mentimun, dan cabai rawit. Sate dimakan dengan nasi hangat atau bisa juga disajikan dengan lontong atau ketupat.

4. Mie Ayam

Mi Ayam, Mie Ayam atau Bakmi Ayam adalah masakan Indonesia yang terbuat dari mi direbus mendidih kemudian ditaburi saus kecap khusus beserta daging ayam dan sayuran. Mi ayam terkadang ditambahi dengan bakso, pangsit, dan jamur. Mi berasal dari Tiongkok, tetapi mi ayam yang serupa di Indonesia tidak ditemukan di Tiongkok.

Mi ayam aslinya dari Tiongkok Selatan terutama dari daerah-daerah pelabuhan seperti Fujian dan Guandong. Meskipun mi bukan asli Indonesia tapi nyatanya kini mi ayam seakan sudah menjadi makanan tradisional Indonesia. Makanan ini sudah tersebar di seluruh Indonesia, terutama di daerah Jawa makanan ini sangat mudah di temukan. Penjual mi ayam di Indonesia yang populer berasal dari Wonogiri

5. Soto Ayam

Soto ayam adalah makanan khas Indonesia yang berupa sejenis sup ayam dengan kuah yang berwarna kekuningan. Warna kuning ini dikarenakan oleh kunyit yang digunakan sebagai bumbu. Soto ayam banyak ditemukan di daerah-daerah di Indonesia dan Singapura. Selain ayam bahan yang digunakan juga meliputi telur rebus, irisan kentang, daun seledri, serta bawang goreng. Terkadang soto juga disajikan dengan lontong atau nasi putih. Selain itu soto ayam juga sering dihidangkan dengan sambal, kerupuk dan koya (campuran tumbukan kerupuk dengan bawang putih).

Jenis-jenis Soto Ayam

–              Soto Ayam Kampung

–              Soto Ayam Koya

–              Soto Kudus (ayam)

6. Nugget Ayam

Nugget ayam adalah salah satu pangan hasil pengolahan daging ayam yang memiliki cita rasa tertentu, biasanya berwarna kuning keemasan. Saat ini, nugget ayam menjadi salah satu produk olahan daging ayam yang berkembang pesat

Bahan baku nugget adalah potongan daging ayam, tepung-tepungan, dan bumbu-bumbuan. Dalam pengolahan di industri, nugget ayam melalui beberapa tahapan. Pertama-tama, daging ayam digiling hingga halus. Kemudian, gilingan tersebut dicampur dengan pengemulsi, tepung, bumbu, dan air sehingga menjadi emulsi. Selanjutnya, emulsi tersebut diberikan pelapis basah dan pelapis kering. Berikutnya, emulsi yang telah diberikan pelapis ini digoreng, hingga matang. Setelah matang, nugget ayam dibekukan pada suhu sangat rendah hingga beku. Produk akhir kemudian dikemas.

Dalam penyimpanannya, makanan ini memerlukan perlakuan khusus, yaitu selalu di simpan dalam kondisi beku (frozen). Hal ini karena nugget ayam merupakan hasil produk olahan hewani yang masuk dalam kategori mudah rusak oleh mikro organisme.

7. Ayam Penyet

Ayam penyet adalah hidangan ayam goreng Indonesia, khususnya Jawa, yang terdiri dari ayam goreng yang diulek memakai ulekan untuk melembutkannya, disajikan dengan sambal, potongan-potongan timun, tahu goreng dan tempe. Varian ayam penyet paling populer adalah ayam penyet Suroboyo

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *